definisi teknologi, teknologi pendidikan, dan teknologi dalam pendidikan

Definsi teknologi
Teknologi didefinisikan sebagai paduan sempurna antara ilmu (science), rekayasa (engineering), seni (art), dan ekonomi.
Arti istilah teknologi dianggap berkaitan erat dengan pengertian berikut
Penerapan keilmuan yang mempelajari dan mengembangkan kemampuan dari suatu rekayasa dengan langkah dan teknik tertentu dalam suatu bidang.

Teknologi, menurut Djoyohadikusumo (1994, 222) berkaitan erat dengan sains (science) dan perekayasaan (engineering). Dengan kata lain, teknologi mengandung dua dimensi, yaitu science dan engineering yang saling berkaitan satu sama lainnya. Sains mengacu pada pemahaman kita tentang dunia nyata sekitar kita, artinya mengenai ciri-ciri dasar pada dimensi ruang, tentang materi dan energi dalam interaksinya satu terhadap lainnya.

Definisi teknologi pendidikan

Educational technology is the study and ethical practice of facilitating learning and improving performance by creating, using, and managing appropriate technological processes and resources.(Teknologi Pembelajaran adalah studi dan etika praktek untuk memfasilitasi pembelajaran dan meningkatkan kinerja melalui penciptaan, penggunaan, dan pengaturan proses dan sumber daya teknologi.)
Teknologi Pendidikan adalah suatu cara yang sistematis dalam mendesain, melaksanakan, dan mengealuasi proses keseluruhan dari belajar dan pembelajaran dalam betuk tujuan pembelajaran yang spesifik, berdasarkan penelitian dalam teori belajar dan komunikasi pada manusia dan menggunakan kombinasi sumber-sumber belajar dari manusia maupun non manusia untuk membuat pembelajaran lebih efektif.

Teknologi dalam pendidikan
Teknologi dalam pendidikan sangat berperan penting. Beberapa contoh manfaat teknologi bagi bidang pendidikan
1. Peralatan kelas. Proyektor : membuat materi pelajaran makin mudah dimengerti. Pengeras suara : makin banyak peserta bisa mengikuti di kelas.

2. Internet. Materi pelajaran tersedia dimana-mana. Bisa melihat rekaman kuliah universitas di Amerika lewat youtube. Dari internet ini juga siswa-siswa di daerah bisa ngikuti perkembangan bidang ilmu mereka. Lewat internet, siswa bisa download buku teks (kalo ada), cari jurnal (lewat langganan atau minta langsung ke penulisnya).

3. Administrasi. Sekarang di banyak sekolah siswa bisa mengurus administrasinya lewat internet ya, misalnya mengurus DNS. Kemajuan di bidang perbankan membuat siswa bisa bayar sekolah lewat autodebet.

Soal lembaga pendidikan yang tidak mampu menyediakan teknologi. Saya pikir itu bukan alasan buat mereka tidak bisa bersaing. Yang paling penting itu ada akses internet. Yang lainnya itu cuma memberi kemudahan. Dengan menyerap ilmu yang ada di internet juga bisa pintar kok (baca artikel online, liat kuliah online, interaksi dengan para pakar).